BUJANGKATAPEL | Art Archives

Memetakan dan Membaca Arsip, Merayakan Keberagaman

Pertunjukan Musik: SUKU DAN AKU

Abstrak karya

Perkawinan silang antara dua kebudayaan yang berbeda, yaitu penganut sistem kekerabatan matrilineal menikah dengan penganut sistem kekerabatan patrilineal. Dalam hal ini, Ibu berasal dari Bali, sedangkan Ayah berasal dari Minangkabau. Suatu ada terdapat aturan-aturan yang berlaku yang harus di taati oleh masyarakat pendukungnya, kejanggalan akan terjadi karena hasil keturunan perkawinan silang tersebut.

Fenomena perkawinan silang di atas menjadikan landasan untuk menuangkannya ke dalam bentuk karya komposisi musik yang berpijak dari fenomena budaya yang berdampak pada kebingungan yang di rasakan oleh anak yang terlahir dari perkawinan silang ini.

Tujuan pencipataan karya seni ini adalah sebagai motivasi kepada seluruh anak Indonesia terutama dengan anak yang memiliki permasalahan terhadap fenomena yang sama untuk tidak berlarut-larut memikirkan adat yang demikian, karena aturan itu hanya di pakai di tempat atau daerah itu saja. Seandainya kita berpindah ke tempat lain orang-orang pun tidak akan menanyakan yang demikan, dan di akhirat nanti tuhan juga tidak akan menanyakan apa suku, kasta, adat kita.

SUKU DAN AKU,

Agung Hero Hernanda 2016 



Tim Produksi

Pimpinan Produksi Indra Arifin S.Sn // Sekretaris Dewi Syafilla S.Pd

Keuangan Lora Gustia Ningsis S.Sn// Stage Manager M Herka Syahputra S.Sn //Asisten Stage Manager Ricki Marison // Artistik Verdo / Fajar / Fajri / Helvi // Soundman Nofi Satria S.Sn // Lighting Berry Prima S.Sn // Konsumsi Mafrinetri Eyaldi / Zurmalini / Dinal Mo // Penata Kostum AAIA Citrawati, M.Sn // Penata Rias Lora Gustia Ningsih S.Sn // Publikasi Albert Rahman Putra S.Sn (Bujangkatapel)

Dokumentasi Gangga Lawranta, S.Sn / Rayhan Redha Febrian S.Sn / Fajar Dhika Vandra //Desain Logo / Kostum Revival Cloth & Store (Bali)

Pembimbing Karya

Dr. Andar Indra Sastra M.Hum / M. Halim, S.Sen, M.Sn

Komposer

Agung Hero Hernanda 

Konsultan Bustanul Ariffin, S.Sn /Admiral, S.Skar, M.Sn / A.A.I.A. Citrawati, S.Sn, M.Sn

Pemusik Agung Perdana, S.Sn / Budi Hadiwijaya, S.Sn / Riko Gusmanto, S.Sn / Al Wahyu Kurniawan, S.Pd / Ibrahim Lubis, S.sn / Uya Alhafis / Mhd Reski Al akbar /  Idang Serawai / Yolanda Reliyansyah /  Teju Marselen / Fitra Muhadis / Awwahun / Nicko Sutikno.

Crew HMJ Karawitan / HMP Group / HMJ Tari

Supporter

Pascasarjana ISI Padangpanjang / ISI Padangpanjang / Karaktrondol / Bujangkatapel Art / Gaung Marawa / La Lora Make Up / ASA Ethnica  / Katincak Unyai Unyai / HMJ Se-ISI Padangpanjang / Balega Grup / Komuitas Gubuak Kopi / Ethnic Percussion Padangpanjang / Pemko Padangpanjang / PDIKM Minang Village


Profil Komposer

557081_477312445613849_1570007908_n.jpg

Ero

Agung Hero Hernanda, biasa disapa Ero, lahir di Solok, 01 Juni 1991. Pada tahun 1996, masuk di TK Diniah Putri Padangpanjang, 1997 Melanjutkannya di SD 09 Guguk Malintang. Pada tahun 2003 menempuh pendidikan di SLTP N 1 Padangpanjang. Tahun 2006 dilanjutkan pada Sma n 3 padangpanjang. Pada tahun 2009-2013 berkuliah di STSI Padangpanjang, dan dilanjutkan pada tahun 2014 di Program Pascasarjana ISI Padangpanjang.

Sejak kecil sudah akrab dengan dunia kesenian, dari SMA mulai aktif bermain musik, hingga saat ini. Semasa kuliah aktif membantu karya-karya senior dan dosen, serta sebagai pemusik utusan ke berbagai daerah dan luar negeri. Beberapa Pengalaman berkesenian yang berkesan: Sebagai pemusik pada Festival Asian Malay tahun 2012 di ISI Padangpanjang; Festival Kesenian Indonesia di ISI Surakarta pada tahun 201; Ranah Performing Art di ISI Padangpanjang tahun 2011; Pekan Kesenian Mahasiswa di Mataram, Lombok pada tahun 2012; Pemusik pada acara drama tari Padusi di Taman Ismail Marzuki Jakarta tahun 2013; Brave Festival di Polandia (2014); Workshop musik tradisi Minangkabau di Beijing, China (2014) – Mewakili Indonesia dalam Orkestra Musik Tradisi Asean bersama C Asean Consonant di Thailand (2015)  – C Asean Roadshow di Malaysia dan Singapura (2016); SIMFEST Sawahlunto pada tahun 2012 dan 2015; Festival Tabot Bengkulu tahun 2014 dan 2015; PWF di Payakumbuh tahun 2012 dan 2013; Jakarta Percussion Carnaval tahun 2014

Pada tahun 2013, sebagai pemateri di ruang kajian musik Ota Rabu Malam, serta mempresentasikan beberapa karya komposisi musik di ajang Musik Tanpa Batas. Saat ini di luar aktivitas  perkuliahan, juga aktif berkarya bersama kelompok musik Karaktrondol dan Ethnic Percussion Padangpanjang.


Ayo tanggapi atau komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 28 Juli 2016 by in Arsip Blog, News, Poster and tagged , , .

BUJANGKATAPEL JURNAL ONLINE

Blog ini dikelola oleh @albertrahmanp, sebagai media pengarsipan personal dan kolektif, serta publikasi kajian singkat seputar seni dan sastra.

KONTAK

Jl. Btg Suliti 76 Perumahan Batu Kubung, Kabupaten Solok - Sumatera Barat. 23761

www.bujangkatapel.wordpress.com
email: bujangkatapel@yahoo.co.id
twitter: @bujangkatapel
Facebook: Bujangkatapel Art Foundation

On Facebook

Archives (Arsip)

%d blogger menyukai ini: