BUJANGKATAPEL | Art Archives

Memetakan dan Membaca Arsip, Merayakan Keberagaman

Dua Filem Edwin Akan Tayang di Solok

Sabtu ini (16/Juli/2016) melalui program penayangan reguler filem non-komersil Sinema Pojok, Komunitas Gubuak Kopi akan menayangkan dua filem Edwin di Gallery Gubuakkopi, Solok. Edwin adalah seorang sineas Indonesia yang memiliki reputasi bagus di kancah perfileman dunia. Ia hadir dibeberapa festival filem Internasioal baik sebagai sutradara ataupun sebagai juri. Filem pertama yang akan diputar adalah “Roller Coaster”, salah satu bagian dari kompilasi filem pendek BELKIBOLANG (2010) yang berdurasi 9 menit. Filem ini bercerita tentang sepasang sahabat yang telah lama bersama. Mereka tahu segala cerita pribadi atau masalah satu sama lain. Kali ini disebuah kamar mereka menantang kedekatan mereka untuk saling melihat ketelanjangan mereka. Suasana semakin tegang, dan tanpa mereka sadari waktu telah berakhir.

vlcsnap-2016-07-09-18h06m29s131

capture of Roller Coaster, Edwin, 2010.

20126625_7_IMG_FIX_700x700

Capture of Postcard From The Zoo, Edwin, 2012.

Pada filem kedua, ada “Postcard From the Zoo”, salah satu filem panjang Edwin juga telah diputar diberbagai vestival Internasional. Filem ini berdurasi 97 menit, diproduksi tahun 2012. Bercerita tentang Lana kecil berusia tiga tahun saat ayah menelantarkannya di kebun binatang. Dibesarkan oleh seorang pelatih jerapah, kebun binatang adalah satu-satunya dunia yang ia ketahui. Saat seorang pesulap muncul di kebun binatang, Lana jatuh cinta, keluar dari kebun binatang, dan membuka dirinya untuk sebuah petualangan. Di jalan-jalan Jakarta dia membantu pertunjukan sulap dan menjual obat, sampai diminta menghibur di Planet Spa. Tiba-tiba sang pesulap menghilang. Lana ditinggal sendiri. Ia dilatih menjadi pemijat dan menjadi populer di kalangan pelanggan panti pijat itu. Namun, ia merasakan ada yang hilang dari dirinya. Ia kembali ke tempat di mana ia pernah ditelantarkan. (baca juga: Edwin: Film Tak Bisa Lepas dari Pembuatnya).

 

kebun-binatang

Capture of Postcard From the Zoo, Edwin, 2012

Filem ini tayang perdana sedunia berlangsung di Berlinale (Internationale Filmfestspiele Berlin atau Berlin International Film Festival) dengan judul Kebun Binatang. Filem pertama Indonesia yang masuk seksi kompetisi festival bergengsi itu.

Filem ini didanai oleh Torino Film Fund, Hubert Bals Fund, Goteberg International Film Festival Fund, Sundance Institute, Sundance Institute/Doris Duke Foundation for Islamic Art Grant Cinemart, Asian Project Market, L’Atelier Cinefondation. (baca juga: Postcards from the Zoo: Kebun Binatang dan Eksistensi Kita Sehari-hari)

Filem ini didistribusikan di Indonesia melalui komunitas pecinta filem.

Jangan lewatkan!

Sabtu, 16 Juli 2016
20.00 wib
Di Gallery Gubuakkopi
Jln. Yos Sudarso, No 427, Kampung Jawa, Kota Solok.
Donasi minimal 10K saja untuk dua filem.
NB: hanya untuk 21 tahun keatas.
*terselenggara atas kerja sama Komunitas Gubuak Kopi dan jaringan distribusi filem alternatif: KOLEKTIF FILM.
*Sebagian donasi diberikan untuk produser & distributor, dan sisanya untuk peningkatan kenyamanan menonton.
Poster Postcard1

Poster by @albertrahmanp



Hingga September 2016 nanti masih ada beberapa filem panjang dan filem pendek Edwin dan filem penting lainnya yang akan tayang di Sinema Pojok. Jangan lewatkan, update informasi melalui isntagram @sinemapojok / facebook Sinema Pojok

Ayo tanggapi atau komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BUJANGKATAPEL JURNAL ONLINE

Blog ini dikelola oleh @albertrahmanp, sebagai media pengarsipan personal dan kolektif, serta publikasi kajian singkat seputar seni dan sastra.

KONTAK

Jl. Btg Suliti 76 Perumahan Batu Kubung, Kabupaten Solok - Sumatera Barat. 23761

www.bujangkatapel.wordpress.com
email: bujangkatapel@yahoo.co.id
twitter: @bujangkatapel
Facebook: Bujangkatapel Art Foundation

On Facebook

On Twitter

Archives (Arsip)

%d blogger menyukai ini: