BUJANGKATAPEL | Art Archives

Memetakan dan Membaca Arsip, Merayakan Keberagaman

Lewati Sore Ramadhan di Sinema Pojok

Selama bulan ramadhan ini, Komunitas Gubuak Kopi berjsama jariangan distribusi film “Kolektif” akan menggelar Sinema Pojok Ngabuburit.

Sinema Pojok adalah bioskop komunitas atau ruang pemutaran film reguler yang digagas oleh Komunitas Gubuak Kopi. Sebuah kelompok seni yang dikelola oleh mahasiswa, pelaku seni, dan pemuda di Kota Solok, Sumatra Barat.

“Kegiatan ini sedikit unik, walaupun pada bulan ramadhan, kita tidak memutarkan film dengan tema religi. Itu kuno sekali”, jelas Albert Rahman Putra, anggota Ketua Komunitas Gubuak Kopi.

Pada bulan Ramadhan ini, Komunitas Gubuak Kopi melalui Sinema Pojok akan menghadirkan beberapa film indie dari koleksi “Kolektif”. Masih seperti sebelumnya film yang  ditayangkan tetap berfokus pada film-film yang bisa mewakili sebuah isu dan wacana film itu sendiri dalam segi estetika.

“Kalau film religi, itu akan banyak sekali di televisi, tapi bukan itu pula yang menjadi acuan” tambah Albert

Selain gaya-gaya garapan yang segar, Film kali ini dipilih berdasarkan kemampuan estetikanya dalam membicarakan isu kemanusian dan situasi sosial di Indonesia, termasuk Sumatra Barat.

“Film yang akan tayang minggu ini ada film Nay, karya Djaenar Maesa Ayu, sebuah film yang digarap disatu setting, yakni didalam mobil. Film ini membicarakan bagaimana seorang perempuan hamil berdiskusi dengan orang-orang terdekatnya. Hingga ia menyadari karakter orang-orang tersebut dalam memahami persoalannya.”

Albert menambahkan, filem kedua adalah film Percakpan ini. Film berdurasi sekitar 10 menit ini memiliki gaya garapan yang unik. Tentang bagaimana dialog yang sama dalam suasana emosi yang berbeda menjadi sebuah reflesksi bagi kita dalam membaca situasi. Menurut Albert film ini cukup baik menampilkan kekuatan tersendiri medium ‘film pendek’.

Hingga minggu-minggu ramdhan berikutnya akan ada beberapa film panjang dan film pendek lainnya yang membuat sore ramadhan menjadi lebih menarik. Silahkan cek jadwal dan lokasi tayang melalui akun media sosial facebook: Sinema Pojok, atau via Instagram @sinemapojok, atau melalui blog gubuakkopi.wordpress.com

(tiara.sasmita)


leflet gunting bagi

Dua filem yang bakal tayang:

1. PERCAKAPAN INI, sebuah filem pendek karya Ifa Isfansyah, yang merupakan bagian dari project film pendek kompilasi BELKIBOLANG, diproduksi tahun 2010. Film ini menghadirkan sebuah pembicaraan tentang hubungan, pilihan, dan rasa keibuan. Percakapan tak berawal maupun akhir. Filem menghadirkan Desta sebagai Omen, seorang koki, dan Marsha Timothy, sebagai Nuri, tetangga Omen. Gaya garapannya cukup menarik, Ifa melalui filem ini menghadirkan salah satu kekuatan lain dari estetika filem pendek. Perbedaan emosi yang dihadirkan dari percakapan yang sama menjadi poin utama dari film ini.

Tayang pada 11 Juni 2016, di Bioskop Sinema Pojok (Gallery Gubuakkopi) / 16.00 WIB / Donasi Tiket: Rp. 5.000

2. NAY, filem yang kedua ini adalah filem panjang karya sutradara Djaenar Maesa Ayu, berdurasi sekitar 80 menit, menghadirkan karakter Nay yang dibintangi Sha Ine Febriyanti, sebagai seorang perempuan yang kebingungan mengambil keputusan mengenai janin yang dikandungnya. Film ini di setting ketika Nay dalam sebuah perjalanan mengendarai mobil seorang diri. Di tengah perjalanan tersebut, Nay menghubungi pacaranya Ben, bicara mengenai kandunganya, namun Ben lebih mementingkan Ibunya. Akhirnya Nay berdiskusi dengan teman lainnya melalui telpon selama perjalanan tersebut. Nay harus menghadapi berbagai macam fakta dan ragam sifat manusia yang sebenernya, mulai dari Ben, Ayu, Mami Ben, sampe Pram (laki-laki yang Nay pikir bisa diandalkan) dan masa lalunya yang kelam dari figur Ayah dan Ibu. Semua Nay hadapi melalui obrolan telepon dalam perjalanannya menggunakan mobil. Ya, hampir seluruh adegan filem ini berada di dalam mobil.

Tayang pada Sabtu sore, 11 Juni 2016, pukul 16.15 WIB di Bioskop Sinema Pojok (Gallery Gubuakkopi) / Donasi Tiket: Rp. 5000

Silahkan pesan tiket paling lambat 15 menit sebelum jam 16.00 WIB pada hari tayang.
Donasi Rp. 10.000 untuk dua filem.


info lanjut:
Tiara Sasmita atau via ig @sinemapojok.
www.gubuakkopi.wordpress.com

diselenggarakan oleh Komunitas Gubuak Kopi & Kolektif Film


Trailer filem NAY

Ayo tanggapi atau komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BUJANGKATAPEL JURNAL ONLINE

Blog ini dikelola oleh @albertrahmanp, sebagai media pengarsipan personal dan kolektif, serta publikasi kajian singkat seputar seni dan sastra.

KONTAK

Jl. Btg Suliti 76 Perumahan Batu Kubung, Kabupaten Solok - Sumatera Barat. 23761

www.bujangkatapel.wordpress.com
email: bujangkatapel@yahoo.co.id
twitter: @bujangkatapel
Facebook: Bujangkatapel Art Foundation

On Facebook

On Twitter

Archives (Arsip)

%d blogger menyukai ini: