Duo Kuri

Dou Kuri adalah duo musisi yang memainkan instrumen etnik akustik, seperti Irish Bouzouki Guitar, Bodhran, tin whistle, ocarina, melodion, suling bambu, lonceng tibet, perkusi. Gaya musikalnya lebih cendrung saya nilai sebagai ‘Irish’ ketimbang Jepang. Mungkin karena karakter bunyi instrumennya, begitu juga pola-pola interval, dan serta hentakannya yang Irish banget. Tidak seperti musik-musik tiup atau petik Jepang yang sering kita dengar begitu tenang. Tapi bagi saya ia tidak bisa disebut sebagai Irish saja apa lagi sebagai Jepang.

Dibeberapa lagu lainnya mereka juga memainkan lagu-lagu dengan syair berbahasa Japang. Tetap diiringi dengan gaya ‘folknya Irish’ sesekali bersikap tenang. Perpaduannya yang mereka lakukan terkadang juga melihatkan dua kultur yang berbeda ini (Jepang dan Irish) dapat harmoni dalam rasa musikal.

Garapan mereka bagi saya juga membuat musik Jepang terlepas dari konstruksi ‘musik ilustrasi’, lebih dari itu terkesan progresif dan ‘merakyat’,untuk sementara saya ingin menyebut mereka “Folk-kontemporer”.

@albtertrahmanp

2015


Duo Kuri, asal Jepang menyuguhkan pertunjukan dan workshop singkat di teras Gedung Pertunjukan Hoerijah Adam ISI Padangpanjang, 2015.

Iklan

Silahkan komentar dan tanggapi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s