BUJANGKATAPEL | Art Archives

Memetakan dan Membaca Arsip, Merayakan Keberagaman

Nostalgia Layar Kejayaan

“…Jaringan yang terkonsentrasi di pusat – pusat kota ini membuat perubahan karateristik penonton. Konsistensi mereka yang menyajikan filem – filem remaja telah menciptakan iklim baru dalam budaya bioskop Indonesia. Tidak hanya pilihan filem, Publikasi, iklan, dan fasilitas yang diberikan semuanya diorientasikan untuk penonton remaja. Dan hasilnya, Sebagian besar penonton film sekarang adalah remaja. Hal ini juga diikuti dan dijadikan tantangan oleh banyak filem maker. Terutama pembuat filem komersil atau filem pop yang selalu dipengaruhi selera pasar. Dalam usaha kategorisasi yang cukup lama, penonton “kelas ini” terkonstruksi sebagai penonton “kelas atas”. Bioskop yang berada di daerah – yang tidak memliki jaringan Cinema 21 – yang masih sering memutar filem-filem lama – serta yang secara umum diorientasikan untuk penonton dewasa – sengaja atau tidak terkonstruksi sebagai tontonan “kelas dua”. Beberapa pengamat perfileman melihat pola yang unik dari distribusi filem di tanah air ini…” | Bioskop, Monopoli, dan Konstruksi Sejarah

Gubuak Kopi

Bagunan tua itu terletak di jantung kota, Simpang Surya, tepatnya arah memasuki terminal angkot Kota Solok. Dua tahun lalu kita masih bisa melihat sebuah layar yang dilukis grafis di pekarangan bangunan, lengkap dengan jam tayang, sebuah poster filem yang akan tampil minggu ini. Poster itu terabaikan ditengah sibuknya aktivitas pasar dan terminal. Di bibir pagarnya sampah – sampah berserakan dan para pedagang memarkirkan becak mereka diperkarangannnya. Kini bangunan ini telah diisolasi dengan seng setinggi kurang dua meter, di dalamnya tengah terjadi sebuah pembangunan toko yang mungkin bisa dimanfaakan oleh beberapa pedagang. Sejak itu Solok resmi tidak punya bioskop.

Lihat pos aslinya 3.553 kata lagi

Ayo tanggapi atau komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 26 April 2014 by in Arsip Blog.

BUJANGKATAPEL JURNAL ONLINE

Blog ini dikelola oleh @albertrahmanp, sebagai media pengarsipan personal dan kolektif, serta publikasi kajian singkat seputar seni dan sastra.

KONTAK

Jl. Btg Suliti 76 Perumahan Batu Kubung, Kabupaten Solok - Sumatera Barat. 23761

www.bujangkatapel.wordpress.com
email: bujangkatapel@yahoo.co.id
twitter: @bujangkatapel
Facebook: Bujangkatapel Art Foundation

On Facebook

On Twitter

Archives (Arsip)

%d blogger menyukai ini: