BUJANGKATAPEL | Art Archives

Memetakan dan Membaca Arsip, Merayakan Keberagaman

Cita-cita Dibalik Karikatur

Karikatur adalah gambar atau penggambaran suatu objek konkret dengan cara melebih-lebihkan ciri khas objek tersebut. Kata karikatur berasal dari kata Italia caricare yang berarti memberi muatan atau melebih-lebihkan. Karikatur menggambarkan subjek yang dikenal dan umumnya dimaksudkan untuk menimbulkan kelucuan bagi pihak yang mengenal subjek tersebut. [1]

Bagi saya yang menarik dari karikatur adalah bagaimana si pengkarya memahami subjek sebagai potret yang menarik di lingkungannya. Ketertarikan tersebut bisa jadi timbul dari prilaku negatif, positif, atau prilaku yang bertentangan. Hal yang bisa saya pahami, artinya si pengkarya adalah orang yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan sosialnya kemudia menginterpretasikannya dalam karya seni. Hal ini lah yang dilakukan Hadi Yusra atau yang akrab disapa Si Botem. Pada awal ahun 2013 lalu Botem melahirkan karya dengan judul “Karikatur Panggung Jenaka” yang ditampilkan di Audiotrium ISI Padangpanjang.

Botem atau si Bocah Tempur yang tengah menuntut ilmu, dan tengah menjalani tahun-tahun terakhirnya di ISI Padangpanjang ini tentunya memliki banyak penglihatan, dan pengamatan, selain dilingkungan dilaur kampusnya. Botem menghadirkan beberapa Hal menarik tersebut dalam karyanya, hal ini membuat kita yang sedikit was-was, jangan-jangan dia akan membicarakan kita dalam karya tersebut.

Karikatur di media biasanya digunakan oleh para pengkarya (pembuat karikatur) untuk mengkritik setiap prilaku buruk atau prilaku yang bertentangan dengan image di subjek karikatur. Hadirnya karya karikatur ini secara tidak langsung mengingatkan kita para seniman, juga-lebih-mampu, mengontrol lingkungan tempat kita berkembang. Dan penonton mestinya tidak perlu merasa was-was seperti saya kalau kita mampu meminimalisir kesalahan-kesalah kita. Memaafkan kesalahan atau kekhilafan kecil sebagai hiburan dalam kehidupanl. (ARP)

__________

Lalu seperti apa karya karikatur panggung jenaka tersebut? silakahan lihat cuplikannya.

Ayo tanggapi atau komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BUJANGKATAPEL JURNAL ONLINE

Blog ini dikelola oleh @albertrahmanp, sebagai media pengarsipan personal dan kolektif, serta publikasi kajian singkat seputar seni dan sastra.

KONTAK

Jl. Btg Suliti 76 Perumahan Batu Kubung, Kabupaten Solok - Sumatera Barat. 23761

www.bujangkatapel.wordpress.com
email: bujangkatapel@yahoo.co.id
twitter: @bujangkatapel
Facebook: Bujangkatapel Art Foundation

On Facebook

On Twitter

Archives (Arsip)

%d blogger menyukai ini: