BUJANGKATAPEL | Art Archives

Memetakan dan Membaca Arsip, Merayakan Keberagaman

Catatan Perjalanan: Di Negeri Para Sikerei

575914_352013098238357_1858918152_n

Sebuah tulisan yang bercerita tentang perjanan seorang pemerhati budaya di Sebuah negeri yang masih asing baginya, yaitu Mentawai. Pada “Catatan Perjalanan: Di Negeri Para Sikerei” penulis, Albert Rahman Putra, memberi pandangan-pandangannya secara kritis dan humoris terhadap hal-hal baru dan menarik yang ia temui. Salah satu hal yang menarik adalah ketika penulis mengungkapkan bahwa kebanyakan orang dikalangannya yang mengatakan bahwa mentawai adalah daerah yang tertinggal, karena semua yang tidak tertinggal diidentikkan dengan kota metropolitan seperti jakarta, namun menurut penulis yang sering dikenal dengan wacana “Aku Kita dan Kota”nya yakin, bahwa di zaman yang postmodern ini, daerah yang maju tidak lagi diidentikan dengan hutan beton melainkan daerah yang berhasil memiliki karakter sendiri, menciptakan budaya yang mampu mencerminkan jati diri.

Albert menyatakan bahwa selama ini orang-orang sering mengaku bahwa bangsa tempat ia berkembang adalah bangsa yang berbudaya dan berkarakter, dan itu benar. Namun dari apa yang coba ia sampaikan melalui tulisannya, karakter yang dimaksud oleh kebanyakan orang tersebut tidak lagi mencerminkan identitas lokal, tidak lagi betujuan untuk memenuhi kebutuhan lokal, dan cendrung menjadi peniru atau menjadi kebanyakan orang.

Selain itu Albert juga menuturkan pandangan subjective nya tentang budaya skunder yang berlebihan, yang telah membuat kebanyakan orang kehilangan kemampuan sosialisasi, komunikasi, atau berinteraksi. (*

Temukan Tulisanya di Majalah Warisan, edisi April 2013 mendatang.

544343_350469718392695_176927151_n

dilansir dari GUBUAKKOPI.org

Ayo tanggapi atau komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BUJANGKATAPEL JURNAL ONLINE

Blog ini dikelola oleh @albertrahmanp, sebagai media pengarsipan personal dan kolektif, serta publikasi kajian singkat seputar seni dan sastra.

KONTAK

Jl. Btg Suliti 76 Perumahan Batu Kubung, Kabupaten Solok - Sumatera Barat. 23761

www.bujangkatapel.wordpress.com
email: bujangkatapel@yahoo.co.id
twitter: @bujangkatapel
Facebook: Bujangkatapel Art Foundation

On Facebook

On Twitter

Archives (Arsip)

%d blogger menyukai ini: