BUJANGKATAPEL | Art Archives

Memetakan dan Membaca Arsip, Merayakan Keberagaman

Membaca #PituahRabu

#PituahRaBu atau Pituah Rang Bujang adalah bagian dari project BUJANGKATAPEL dalam mengembangkan pluralitas dalam membaca budaya dan membentuk masyarakat yang berkarakter. #PituahRabu adalah diambil dari potongan Pituah yang berkembang di Minangkabau, sebagai ungkapan nasehat bijak, yang sudah tidak bisa dilacak lagi penciptanya.

Potongan Pituah dalam #PituahRabu salah satunya adalah pituah “Bujang Pusako” yang BUJANGKATAPEL hadirkan secara bertahap untuk memancing pembaca mendalami makna pada tiap potongan pituah.

“Bujang Pusako” : adalah pituah yang ditujuka untuk anak Bujang, yaitu laki – laki dalam usia remaja atau pemuda. Di Minangkabau Istilah (sapaan) “Bujang” lebih ditujukan pada laki-laki (remaja/pemuda) yang belum memiliki pasangan hidup (Istri).

Sedangkan kata “Pusako” di Minangkabau merujuk pada harta (kepemilikan yang berharga). BUJANGKATAPEL menyimpulkan, bahwa “Pituah Bujang Pusako” adalah ungkapan nasehat agar “Anak Bujang” bisa menjadi orang yang berharga. Menjadi harapan bagi orang-orang disekitarnya. Selain itu BUJANGKATAPEL menilai bahwa hal ini juga berarti sebagai standar (patokan) seseorang untuk dikatakan Bujang.

Hal ini sangat penting karena sikap Anak Bujang (anak yang seharus bersikap seperti anak bujang) yang bertentangan dengan pituah ini telah menghadirkan beberapa istilah (sapaan) baru di Minangkabau, seperti; Bujang Gadih (Be Ge), Wa’ang Padusi, dll. Sebenarnya hal ini juga sangat menarik untuk di bahas. untuk itu kita tunggu kontribusi dari pembaca yang ingin memberikan pembahasan terkait hal tersebut.

#PituahRabu akronim dari Pituah Rang Bujang. Dalam hal ini BUJANGKATAPEL ingin lebih menegaskan bahwa hal ini lebih berarti sebagai standar (patokan) seseorang untuk dikatakan Bujang. Membantu para mamak (paman) atau calon mamak untuk membimbing keponakannya nanti, atau seorang ayah yang akan memangku anaknya.

Demikian dari kami selamat “Membaca”. – BUJANGKATAPEL –

____

Baca postingan terkait #PituaRabu :

Ayo tanggapi atau komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BUJANGKATAPEL JURNAL ONLINE

Blog ini dikelola oleh @albertrahmanp, sebagai media pengarsipan personal dan kolektif, serta publikasi kajian singkat seputar seni dan sastra.

KONTAK

Jl. Btg Suliti 76 Perumahan Batu Kubung, Kabupaten Solok - Sumatera Barat. 23761

www.bujangkatapel.wordpress.com
email: bujangkatapel@yahoo.co.id
twitter: @bujangkatapel
Facebook: Bujangkatapel Art Foundation

On Facebook

On Twitter

Archives (Arsip)

%d blogger menyukai ini: