Kontingen Mentawai Dinanti Pengunjung

GBKNews – Kontingen Mentawai berhasil memukau pengunjung Pekan Budaya Sumatera Barat 2012, yang di gelar di kampus UMMY Koto Baru, Kab. Solok, Selasa malam (04/09). Puluhan pengunjung rela meninggalkan stand untuk menyaksikan perntunjukan dari Kontingen Mentawai. Seperti pada Pekan Budaya Sumbar di tahun-tahun sebelumnya, Mentawai selalu di tunggu-tunggu.

Malam ke tiga Pekan Budaya Sumbar ini merupakan pertunjukan ke dua dari kontingen Mentawai. Kali ini, kontingen Mentawai sengaja di tampilkan lebih larut, belajar dari pengalaman malam sebelumnya, Senin (03/09) kemarin, penonton di panggung utama langsung sepi setelah pertunjukan dari kontingen Mentawai usai.

Palentinus, salah seorang seniman dari Kontingen Mentawai, mengatakan bahwa yang ditampilkan tersebut adalah tari Bilou. Bilou adalah binatang sebangsa Ungko atau Monyet, berbulu hitam, dan sedikit bulu putih di keningnya.

“tari ini bercerita tentang Bilou dalam berinteraksi dengan sesamanya, dan alam, bagaimana Ia mendapatkan makanan, bermain, mandi, dan lain sebagainya,” jelas Palentinus saat di temui usai pertunjukan.

Ia mengaku puas dengan pertunjukan kali ini, dan akan bersiap-siap untuk pertunjukan terakhirnya di Pekan Budaya tahun ini, yang akan digelar Kamis (05/09) nanti.

Lebih lanjut tentang tari Bilou, Palentinus mengatakan, “tarian ini adalah gambaran bagaimana kita bersahabat, dan belajar pada alam”. (foto:ARP/GBK)

Dikutip dari gubuakkopi.org

Iklan

Satu pemikiran pada “Kontingen Mentawai Dinanti Pengunjung

Silahkan komentar dan tanggapi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s