Film Pendek – Ratok Yako

Ratok Yako
Produksi: Karaktrondol Production & Bujangkatapel| Editor:Albert Rahman Putra|Camera Director :Agung Perdana, Suhartoni

Memperkenalkan: Yako Bus Akoki (Aktor)

CopyRight2012

_________

Catatan Ratok Yako.

Film ini adalah salah satu film eksperimental yang di reproduksi oleh BUJANGKATAPEL dan Karaktrondol Production. Awalnya Film Ratok Yako ini adalah potongan gambar-gambar bergerak dari sebuah kamera ponsel yang direkam oleh Agung Perdana. Yako (aktor) yang dalam kesehariannya sering kali meratok (meratap) ketika menemui nada-nada yang dirasanya tepat.

Jelas, Besar sekali peranan musikalitas dari Yako yang tiba – tiba menyampaikan kata-kata ratok tanpa dikonsep sebelumnya.

Vidio Pendek ini kembali ditemukan oleh Albert Rahman Putra. Dia melihat ada sesuatu yang menarik dari Vidio tersebut. Selain narasi Film tersebut menggambarkan Anak Muda yang pesimis namun selalu memiliki harapan dan peluang. Albert melihat ini sebagai sebuah cerita yang tidak sampai.

“Saat ini kita kita bosan dengan segala ke universalan estetika yang seakan-akan membuat karya seni itu harus melewati konflik kemudian mendapati kesimpulan,” Albert Rahman Putra, Editor.

Ratok adalah istilah yang berkembang di Minangkabau. Ratok dalam dalam Kamus Bahasa Indonesia adalah “ratap”. Namun disini “ratok” lebih dari sekedar ratapan, tapi juga kegelisahan, galau, risau, ketidakpuasan, dan ungkapan kesedihan.

Yako (aktor), karakter GUA pada film pendek ini, adalah satu dari banyak orang yang menganggap nasib tidak berpihak pada mereka. menariknya film ini juga dapat dikatatakan sebagai “Film Cerita”. Lebih tepatnya cerita yang tidak pernah kita tau kelanjutannya.

“Dia meratap, mengeluh, dan dia berharap. Bagi saya ini adalah benturan yang bisa menjadi cikal bakal estetika yang akan memberikan bekas emosi pada penontonnya,” tambah Albert. (*)

Iklan

Satu pemikiran pada “Film Pendek – Ratok Yako

Silahkan komentar dan tanggapi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s