BUJANGKATAPEL | Art Archives

Memetakan dan Membaca Arsip, Merayakan Keberagaman

Tahun Depan ISI Akan Dikonversi

 

JAKARTA–MICOM: Berubahnya Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) menjadi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berdampak kepada institusi pendidikan, salah satunya Institut Seni Indonesia (ISI).

“Tahun 2012 kami akan lakukan konversi institut yang selama ini ada. ISI akan kita konversi menjadi ISBI atau Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI),” kata Mendikbud M Nuh pada Dialog Budaya Dalam Rangka Penyusunan Cetak Biru Pembangungan Nasional Kebudayaan di Jakarta, Senin (12/12).

Acara tersebut dihadiri pula Wamendikbud Bidang Kebudayaan Windu Nuryati, Wamendikbud Bidang Pendidikan Musliar Kasim, sejumlah budayawan dan seniman kondang, serta pakar pendidikan lainnya.

Menurut M Nuh selama ini ISI lebih ditekankan kepada seni, baik pertunjukan maupun lainnya. Namun, sejalan dengan masuknya kebudayaan, kesenian tidak dapat berdiri sendiri. Kendati begitu, M Nuh percaya pihak institusi nantinya dapat melakukan pengelompokan sendiri terkait dengan budaya dalam ilmu pendidikan. Pemikiran dan nilai-nilai nantinya akan menjadi bagian dari kultur.

Mantan Rektor ITS itu menyatakan pihaknya akan mendirikan sejumlah Institusi Seni Budaya baru di beberapa wilayah di Indonesia. Diantaranya di Kalimantan, Makassar, Aceh, dan Papua. “Kita siapkan IKJ (Institut Kesenian Jakarta), kita jadikan ISBI,” cetusnya.

Diharapkan, institusi tersebut dapat melakukan empat fungsi budaya. Fungsi pertama adalah konservasi atas budaya Indonesia. Namun, lanjut M Nuh, jangan hanya berhenti kepada perawatan, juga promosi atas budaya yang telah diwariskan oleh para leluhur.

“Setelah konservasi dan promosi, kita jadikan sebagai kultur diplomasi, kemudian kita harus mampu lakukan adaptasi perkembangan budaya yang ada,” pungkasnya. (Bay/OL-2)

Penulis : Syarief Oebaidillah

Senin, 12 Desember 2011 21:06 WIB

 
artikel ini diambil dari : http://www.mediaindonesia.com/read/2011/12/12/283478/293/14/Tahun-Depan-ISI-akan-Dikonversi/

Ayo tanggapi atau komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

BUJANGKATAPEL JURNAL ONLINE

Blog ini dikelola oleh @albertrahmanp, sebagai media pengarsipan personal dan kolektif, serta publikasi kajian singkat seputar seni dan sastra.

KONTAK

Jl. Btg Suliti 76 Perumahan Batu Kubung, Kabupaten Solok - Sumatera Barat. 23761

www.bujangkatapel.wordpress.com
email: bujangkatapel@yahoo.co.id
twitter: @bujangkatapel
Facebook: Bujangkatapel Art Foundation

On Facebook

On Twitter

Archives (Arsip)

%d blogger menyukai ini: