BUJANGKATAPEL | Art Archives

Memetakan dan Membaca Arsip, Merayakan Keberagaman

Etika, Estetika, dan Dosa Pengemis

MUI dan Pemda dah sepakat bahwa kalo kita kasih kasih berarti haram, katanya kalo kita kasih berarti kita memelihara mereka,. lalu apa salah mereka? ya minta – minta.  mereka mencari nafkah tidak dengan usaha yang menawarkan sesuatu untuk calon pemberi artinya tak ada keuntungan timbal balik.

Namun kenyataanya pengemis masih banyak kita jumpai dan itu pertanda masih ada yang suka memberi mereka. lalu apa salahnya memberi? *duit2 Gue:P hhaa… ya masalanya pengemis bisa tambah rame. bahkan sebagian orang tua mengajarkan untuk memberi kepada mereka yang kurang mampu. bukankah itu mulia? nah itu dia masalanya. itu adalah perbuatan mulia, cuman penempatan etika,estetika, dan dosanya yang musti diperbaiki.  memang memberi rezeki yang berlebih itu merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi sebagian orang. namun itu salah besar, karna si peminta akan terbiasa, kecanduan, atau taraja (minangkabau language artinya menjadi kebiasaan) untuk meminta – minta, ga adalagi motivasi untuk belajar, maju, dan akhirnya negara kta miskin terus. sedangkan disisi lain mereka yang ingin bersaha untuk mencari nafkah namun tidak dapat modal.kan kasihan.

so buat kawan – kawan yang dermawan, kan dah tau tu kalo memberi pengemis itu tidak boleh. jadi buat menyalurkan naluri kedermawanan kalian mungkin lebih baik uang tersebut dialih fungsikan sebagai investasi dunia masa depan dan  akhirat dengan etika dan estetika yang seharusnya. contohnya menyumbangkan untuk pembangunan mesjid, bantuan perasional panti asuhan mungkin, atau ngemodalin pengangguran yang mau beusaha atu yang lain2nya yang dirasa lebih pantas. tapi kalo ragu mending tanya MUI dulu.

example:

“pak mui, ambo punyo duit berlebih, bagusnyo dikasih kemano?” ;DD

Ayo tanggapi atau komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 2 April 2011 by in Arsip Blog and tagged , , , , , , , .

BUJANGKATAPEL JURNAL ONLINE

Blog ini dikelola oleh @albertrahmanp, sebagai media pengarsipan personal dan kolektif, serta publikasi kajian singkat seputar seni dan sastra.

KONTAK

Jl. Btg Suliti 76 Perumahan Batu Kubung, Kabupaten Solok - Sumatera Barat. 23761

www.bujangkatapel.wordpress.com
email: bujangkatapel@yahoo.co.id
twitter: @bujangkatapel
Facebook: Bujangkatapel Art Foundation

On Facebook

On Twitter

Archives (Arsip)

%d blogger menyukai ini: